Skip to main content

Featured

seputar kelinci Ciri-Ciri dan Karakter Kelinci

Ciri-Ciri dan Karakter Kelinci . Kelinci ialah hewan berbulu tebal dan bertelinga panjang dari famili Leporidae . Kelinci merupakan binatang dari kelas Mammalia atau binantang yang menyususi dan ditemukan hampir di seluruh permukaan bumi, mulai dari kawasan dataran rendah samapai dataran tinggi bersalju. Pada awalnya kelinci merupakan hewan liar yang banyak ditemukan di Afrika sampai ke belahan utara pada benua Eropa. Hewan ini tumbuh subur dan pernah menjadi musuh para petani alasannya dianggap sangat merusak tanaman yang di cocok tanam. Namun karenanya kelinci didomesitikasi sebagai sumber protein karean pertumbuhannya yang sangat cepat. Sejarah insan mempelajari kelinci secara detail mulai dari tahun 1912 yakni proses pembagian terstruktur mengenai pada kelinci. Pada ketika itu kelinci dimasukkan ke dalam ordo Lagomorpha . Pada ordo Lagomorpha kelinci dibedakan menjadi dua jenis yakni Ochtinidae atau kelinci yang pandai bersiul dan Leporidae . Perkembangan selanjutnya

seputar kelinci Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir

Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir

Merawat Anak Kelinci. Memelihara kelinci yang paling sulit yaitu memelihara kelinci pada usia anakan. Pada usia gres lahir, Kelinci merupakan binatang yang sangat sensitif dan juga lemah oleh alasannya diharapkan perlukan khusus dalam merawat dan menjaga anak kelinci yang gres lahir. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengawasi anak kelinci yang gres lahir.

Hal yang perlu diperhatikan oleh para peternak dan pemelihara kelinci yaitu hal-hal dasar yang bersifat teknis sehingga setiap perubahan yang terjadi pada kelinci akan segera disadari dan dapat diambil tindakan preventive terhadap maut bayi kelinci. Salah satunya yaitu kebiasaan induk kelinci setelah melahirkan akan segera keluar dari sarang untuk mencari makan. Tidak ibarat hewan yang lain yang menjaga bayi mereka, Kelinci hanya memperlihatkan susu pada bayi sekitar 5 menit dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa Bayi kelinci akan rentang terhadap serang predator. Berdasarkan pengalaman, kasus yang paling banyak menimpa peternak kelinci yaitu serangan tikus yang masuk dari dalam tanah. Sebagai seorang peternak kelinci, hal yang bisa dilakukan yaitu memastikan bentuk kendang kelinci sebelum ditempati oleh sang induk kelinci. Pembangunan sangkar dari bak bata kemudian di isi tanah jauh lebih aman dibandingkan dengan sangkar kayu yang masih bisa dikerat oleh tikus.

Ada beberapa rumor di kalangan peternak yang menyatakan bahwa Kelinci yaitu hewan kanibal yang memangsa anaknya. Kasus kanibalisme pada ternak kelinci sangat jarang ditemukan, sekalipun ditemukan sang induk biasanya hanya memakan bayi kelinci yang tidak sehat atau memiliki umur yang tidak panjang berdasarkan pertimbangan induk kelinci. Pengalaman dari penyuluhan yang dilakukan oleh dinas peternakan, Sifat kanibalisme yaitu sifat alamiah dari kelinci namun tidak perlu dikhawatirkan alasannya kasusnya sangat jarang dijumpai. Tugas dari peternak kelinci yaitu memastikan jumlah pakan untuk si induk cukup sehingga stress pada kelinci dapat dihindari.

Tips dan Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir
  • Lakukan perawatan dan pemerikasaan dengan tekun terhadap anak kelinci yang gres lahir.
  • Anak kelinci mebutuhkan perhatian dan penjagaan lebih intensif dibandingkan induk kelinci.
  • Melakukan distribusi atau pemindahan anak kelinci yang memiliki jumlah terlalu banyak.
Tips dan Cara Mudah Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir meberi ASi susu pada kelinci

Mengapa harus memperhatikan dan memeriksa anak kelinci dengan tekun.

Kelinci usia 0-10 hari merupakan usia yang paling rentang dimana anak kelinci belum ditumbuhi bulu. Pemeriksaan dilakukan setelah dua hari pasca kelahiran. Pengecekan yaitu sebuah kewajiban untuk memastikan anak kelinci lahir dalam keadaan sehat, mati ataupun cacat.

Anak kelinci yang mati akan memunculkan kemungkinan dan potensi membuatkan penyakit kepada kelinci yang masih hidup. Sebisa mungkin pindahkan anak kelinci yang telah mati. Cara memindahkan anak kelinci juga diharapkan keterampilan yakni dengan menjauhkan induk terlebuh dahulu dari anaknya. Induk kelinci diberi umpan makanan semoga menjauh dari anaknya gres kemudian anaknya dipindahkan. mengambil anak kelinci dikala induknya masih ada akan membuat induk kelinci menjadi stress dan galak. Pada kondisi tertentu induk kelinci akan berubah jadi kanibal bila stressnya berlebih.
Anak kelinci 0 hari

Menjaga Keselamatan Anak Kelinci yang Baru Lahir

Menjaga keselamatan anak kelinci yang gres lahir merupakan hal yang paling penting dimana kelinci yang gres lahir bisa saja diserang oleh predator ibarat tikus dan semut. Memastikan sangkar sulit dijangkau oleh predator dan memperlihatkan kehangatan pada sangkar hal yang perlu untuk diperhatikan.

Selain dari bahaya predator, Kelinci sampaumur terutama induk kelinci memiliki potensi untuk menyerang anak sendiri. Hal ini terjadi bila Induk merasa lapar dan sulit menerima makanan. Menyediakan makanan yang cukup yaitu langkah yang dapat mencegah induk kelinci menjadi predator. Hal ini dilakukan hingga kelinci berusia 15 samapi dengan 20 hari dimana kelinci akan keluar dan mencari makan bersama induknya.

Memindahkan anak kelinci yang terlalu banyak.

Kelinci yaitu hewan unik yang mungkin bisa melahirkan dalam jumalh banyak sekaligus. Pada kasus tertentu kelinci bisa melahirkan anak hingga berjumlah lebih dari 8 ekor padahal puting susu yang dimiliki kelinci hanya berjumlah delapan. Pindahkan anak kelinci yang gres bila jumlah anak yang dilahirkan lebih dari delapan, bila dalam keadan terpaksa biasanya peternak sendiri yang memberi susu anak kelinci yang tidak mendapat susu dari induknya.
Demikian tips sederhana ihwal cara mudah merawat anak kelinci. Jika tips ini dilakukan dengan baik niscaya anak kelinci anda kan tumbuh sehat dan besar.

Comments

Popular Posts