Skip to main content

Featured

seputar kelinci Ciri-Ciri dan Karakter Kelinci

Ciri-Ciri dan Karakter Kelinci . Kelinci ialah hewan berbulu tebal dan bertelinga panjang dari famili Leporidae . Kelinci merupakan binatang dari kelas Mammalia atau binantang yang menyususi dan ditemukan hampir di seluruh permukaan bumi, mulai dari kawasan dataran rendah samapai dataran tinggi bersalju. Pada awalnya kelinci merupakan hewan liar yang banyak ditemukan di Afrika sampai ke belahan utara pada benua Eropa. Hewan ini tumbuh subur dan pernah menjadi musuh para petani alasannya dianggap sangat merusak tanaman yang di cocok tanam. Namun karenanya kelinci didomesitikasi sebagai sumber protein karean pertumbuhannya yang sangat cepat. Sejarah insan mempelajari kelinci secara detail mulai dari tahun 1912 yakni proses pembagian terstruktur mengenai pada kelinci. Pada ketika itu kelinci dimasukkan ke dalam ordo Lagomorpha . Pada ordo Lagomorpha kelinci dibedakan menjadi dua jenis yakni Ochtinidae atau kelinci yang pandai bersiul dan Leporidae . Perkembangan selanjutnya

seputar kelinci Hay atau Jerami ialah Makanan Utama Kelinci

Hay atau Jerami ialah Makanan Utama Kelinci

. Kebanyakan peternak kelinci kurang memahami kebutuhan kelinci, terutama bagi mereka yang gres memulai untuk beternak kelinci. Al hasil terdapat dua kekeliruan yang paling sering muncul yakni kegagalan dan memelihara kelinci dan yang kedua kegagalan dalam menkonversi massa kelinci.

Kelinci Hewan Cantik

Penyebab kekeliruan ialah munculnya dongeng lucu yang berkembang yakni kelinci ialah peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Beredar luasnya kelinci menambah parah pengenggapentengan memelihara dan merawat kelinci. Karena mudahnya menerima kelinci, kelinci menjadi barang yangdengan mudah dibeli begitu saja, tanpa melaksanakan riset apapun mengenai calon kelinci yang akan dipelihara.

Memberi makan kelinci sayur mayur memang sangat mudah namun bukan berarti memberi makan sayur mayur ialah hal yang benar dalam memberi makan kelinci. Di alam kelinci tidak pernah makan ampas tahu, jagung giling dan bahkan kangkung pun sangat jarang di makan oleh kelinci di alam liar. Penyesatan terlebih datang dari artikel yang tidak bertanggung jawab yang menjelaskan bahwa kelinci lebih menyukai sayur dan tidak usah memberi air minum pada kelinci ialah hal yang sangat sekali. Belajar wacana kelinci terlebih dahulu sebelum mengambil langkah antisipasi mengenai perawatan kelinci.


Kelinic Makan Hay

Makanan utama dari kelinci bahkan seluruh jenis kelinci baik yang tinggal di gurun pasir hingga di kawasan bersalju ialah Hay atau jerami. Jermai yang dimakan oleh kelinci boleh jadi rumput biasa kalau tidak memiliki jerami. Kelinci ialah hewan dengan sistem pencernaan yang sensitif dan membutuhkan makanan berserat tinggi. Rumput ialah jenis makan yang mengandung serat sekita 80 % sehingga sangat dianjurkan dan sangat baik untuk pencernaan kelinci. Kekurangan gizi dan nutrisi gres di tambahkan dalam bentuk sayur, buah atau pelet kelinci.

Kelinci Suka Makanan Sehat
Gambaran Makanan Kelinci

Apakah Makanan Utama Kelinci Hias jenis Kelinci Anggora dan Kelinci Fuzzy Lop?

Kelinci Fuzzy loop dan Anggora yang memiliki bulu panjang ialah kelinci yang yang sangat rajin mebersihkan dirinya sendiri, salah satu caranya dengan menjilat badanya, sayannya kelinci sangat berbeda dengan kucing yang dapat memuntahkan bola-bola bulu yang ada didalam perutnya, kelinci tidak mampu muntah sehingga bulu tersebut akan mengganggu pencernaan kelinci. Untuk mengatasi maslaah tersebut, tubuh kelinci mengikuti keadaan dengan memakan rumput yang kaya akan serat. Serat ini akan membantu memecah bola-bola di dalam perut kelinci sehingga keluar bersama dengan kotoran kelinci.

Apakah Pelet tidak Cocok Untuk Kelinci?

Pelet ialah makanan yang sengaja dirancang untuk makanan hewan yang dibuat dari materi alam dengan cita-cita mampu memenuhi kebutuhan gizi kelinci. Pemberian makanan berupa pelet tidaklah salah alasannya ialah membantu pemneuhan gizi pada kelinci, namun sebaiknya pinjaman pelet dibatasi dan hanya sekitar 20% dari pinjaman pakan secara keselurahan.

Kelebihan pakan pelet akan ditandai dengan kotoran yang encer dan mencret. Jika keadaan ini terus berlanjut kelinci akan mengalami dehidrasi dan kesannya meninggal. Makan berbentuk pelet tidak mengasah gigi kelinci sehingga gigi kelinci akan tonggos dan pseudoanorexia akan berakibat buruk pada kelinci yang memiliki gigi panjang.

Kelinci Tidak Suka Makan Rumput dan Hay

Pada dasarnya peternak Kelinci di Indonesia tidak sadar kalau memberi makan kelinci dengan hay sangat baik.  Mereka beranggapan bahwa kelinci tidak suka dengan Hay atau Rumput. Jika kelinci sudah terbiasa dari kecil makan pelet maka akan susah untuk membiasakan kelinci makan Hay. Lakukan penyesuaian pada kelinci dengan cara mengurangi porsi makan pelet dengan perbandingan 1 rumput : 9 pelet. Jika Kelinci sudah terbiasa, kurangi porsi dari Pelet hingga kesannya berada pada 8 rumput : 2 Pelet.

Beberapa peternak tetap keras kepala dan tidak memberi makan hay pada kelinci mereka dengan asumsi bahwa mereka telah melaksanakan ini dan Kelinci mereka masih hidup. Yang beternak memang pilihan kalau pakan rumput lebih murah dari pelet kenapa kita harus melaksanakan hal yang salah dan juga merugikan.

Comments

Popular Posts